Rabu, 30 Maret 2011

Tips : Menyiasati Big Size

Tampil gaya bisa dilakukan semua orang dan bukan hanya hak mereka yang bertubuh tinggi ramping semampai. Untuk mereka yang berukuran big, ada beberapa siasat agar penampilan tetap manis dan modis.
Perhatikan Siluet Busana
Selama ini banyak wanita menutupi tubuh gemuk dengan busana super longgar. Padahal sebenarnya busana super longgar bukan solusi terbaik untuk memberikan ilusi melangsingkan. Sebaliknya, malah membuat ukuran tampak lebih besar dari ukuran sebenarnya. Tapi, busana ketat juga tidak disarankan karena malah akan semakin menonjolkan bagian-bagian tubuh yang berlebihan tadi.
Cara paling tepat untuk membuat tubuh terlihat lebih langsing adalah dengan memilih busana yang bersiluet lurus dengan ukuran pas. Ukuran pas di sini tidak ketat dan longgar melainkan memiliki ruang gerak yang cukup. Selain busana dengan potongan lurus, anda juga dapat mengenakan pakaian bersiluet A line yang tidak terlalu mengembang pada bagian bawah. Pemilihan tunik misalnya, hindari panjang tunik yang jatuh pada bagian bawah pinggang atau panggul. Tunik ini akan memberikan kesan horisontal sehingga bagian pinggang yang lebar terlihat jelas. Tunik dengan ukuran setengah paha dan sebatas lutut akan memberi kesan melangsingkan dengan padanan celana berpipa sedang ataupun lurus.
Tunik panjang atau lebih sering dikenal dengan gamis, boleh saja dikenakan asalkan tetap dengan siluet yang tidak terlalu lebar. Bagaimana dengan kaftan yang sedang tren ? Mungkinkan wanita dengan ukuran besar menggunakannya dengan modis ? Kaftan bisa saja dipakai asalkan dengan model yang lebih sederhana. Kaftan dengan detail kerutan dan pending pada bahian perut seperti kebanyakan tentu saja tidak cocok karena membuat bagian perut akan semakin besar. Jika ingin menggunakan kaftan, anda bias memilih material yang tidak terlalu tebal dengan tekstur yang lembut sehingga tudak memberikan efek penambahan volume tubuh.
Untuk busana ‘oversize’ yang kini menjamur, namun anda disarankan memilih busana dengan efek oversize saja, bukan ukurannya yang oversize. Misalnya saja garis bahu yang sedikit turun tetapi dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Orang bertubuh gemuk pada dasarnya tetap harus menggunakan ukuran busana yang pas dengan sedikit kelonggaran, tetapi tidak juga terlalu longgar. Misalnya saja, jika anda ingin menggunakan model baby doll pilih dengan garis empire dan kerutan yang tidak terlalu banyak tetapi memberikan kesan A line.
Begitu juga jika anda menggunakan detail pleats atau lipit, pilih yang berukuran kecil dengan bahan lembut sehingga tidak banyak menambah volume pakaian.
Cermat Memilih Detail
Selain siluet busana, ada beberapa detail yang bisa dijadikan perhatian:
Garis Leher
Garis leher V adalah pilihan yang baik untuk memberikan kesan panjang dan langsing karena dapat mengalihkan perhatian mata dari tubuh bagian atas terutama leher dan bahu yang lebar. Pi;ihan yang lain adalah garis leher berbentuk bulat atau U asalkan tidak pas pada leher karena akan memberikan kesan penduh.
Ornamen yang Tepat
Untuk busana yang memiliki detail ornamen seperti  deretan kancing pilih susunan kancing vertical dari atas ke bawah yang memberikan kesan panjang. Demikian pula dengan aplikasi border atau sulaman. Hindari penempatan ornamen ini pada bagian pinggang, panggul dan dada, sebaiknya alihkan ornamen ini pada bagian bawah busana dan bagian bawah lengan tetapi tidak berlebihan.
Motif  Bisa Melangsingkan
Motif yang disarankan untuk orang bertubuh gemuk tidak hanya motif geometris vertical saja, meskipun motif ini dirasakan lebih aman untuk menyamarkan bentuk tubuh. Anda bisa memilih motif lain dengan catatan berukuran kecil hingga sedang, dengan penempatan yang menyebar. Hindari motif berukuran besar, yang akan membuat anda terlihat semakin besar.
Hati-Hati Memilih Material
Bahan yang tepat untuk memberi kesan melangsingkan, adalah bahan dengan ketebalan sedang. Tidak terlalu tebal tapi juga tidak tembus pandang. Jika anda memilih chiffon, bisa saja asalkan juga menggunakan bahan pelapis di dalamnya. Pilih tekstur yang lembut dan jatuh agar pakaian tidak terlihat kaku. Hindari bahan yang berkilau karena dapat membuat anda semakin besar.
Warna Cenderung Gelap
Pemilihan warna juga menjadi salah satu kunci sukses untuk melangsingkan. Hindari warna-warna yang memberikan kesan bervolume seperti gold, silver, putih, krem, kuning muda, merah muda, biru muda dan warna terang lainnya. Sebaliknya pilih warna seperti hitam, biru tua, coklat tua, ungu gelap, maroon, hijau botol dan kisaran warna-warna gelap lainnya.
Jika anda ingin bermain dengan  padanan warna, pilihan warna senada akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Tetapi padanan dengan warna koontras juga dapat diterapkan, asalkan pada bagian bawah busana tetap berwarna gelap dan busana bagian atas harus tetap berukuran panjang melebihi panggul.
Layer
Siluet  sederhana bukan berarti tanpa aksen. Teknik layer juga bisa digunakan untuk memberikan variasi pada busana. Asalkan pilih layer yang tidak terlalu banyak atau berulang dangan bahan lembut dan tipis. Demikian juga dengan pakaian pelapis yang digunakan pada bagian luar sebagai aksen.
Anda bisa saja menggunakan jaket, cardigan atau sejenisnya, asalkan dengan bahan yang tidak terlalu kaku. Selain bahan, ukuran juga harus diperhatikan, jangan menggunakan jaket pendek yang akan memberikan potongan pada nagian perut atau panggul. Pilih jaket dengan ukuran yang menutupi bagian pantat.
Dengan beberapa saran di atas, jangan pernah ragu untuk bereksperimen dengan penampilan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar